Foto, Wawancara

[Wawancara] WINNER di Vouge Korea Edisi September 2017

tumblr_ov0qifian01teqx8xo1_1280

WINNER merilis lagu baru mereka, "Love Me Love Me" dan "Island" pada tanggal 4 Agustus jam 4 sore. Hal ini terjadi tepat 4 bulan sejak mereka merilis "Really Really" dan "Fool" pada tanggal 4 April jam 4 sore. Pada halaman depan album mereka, pulau berbentuk angka 4 mengambang di laut berwarna hijau zamrud. Kang Seungyoon, Lee Seunghoon, Song Minho, Kim Jinwoo. Apakah ini menunjukkan bahwa keempat oarang itu akan pergi liburan? Chart digital seperti Melon, Naver, Genie, Bugs, Soribada, dll mulai bergejolak. Lagu baru WINNER mewarnai langit malam dengan kilauan serupa kembang api dan dengan mulus mendarat di playlist kami.img230

Love Me Love Me keluar ke dunia karena kami sangat ingin membuat lagu itu. Kupikir kami dapat memberikan yang terbaik ketika kami dapat melakukan apa yang kami inginkan. Kami ingin paling tidak orang-orang merasa seakan-akan pergi liburan ketika mendengarkan lagu kami.

Beberapa momen dalam hidup dikenang sebagai musik. Lagu WINNER, "Love Me Love Me" dan "Island" mungkin akan menjadi medium yang mengingatkan kita atas "masa muda kita yang bahagia" yang kita impikan. Video musiknya paling berkontribusi sebagai perpanjangan tangan dari musik ke pemandangan. Dalam video musik yang difilmkan di Hawaii, member WINNER berlari dan terus berlari ke laut biru, tebing terjal yang eksotis, dan melintasi tembok. Mereka tertawa sebanyak yang diminta oleh otot wajah mereka, menari sebebas tubuh mereka bergerak, melompat seperti bola di atas trampolin. Mereka berlari ke arah matahari tapi matahari segera mengikuti mereka. Balapan tanpa rasa khawatir dari para petualang yang menyilaukan dan gemerlapan. Secara alami muncul sebuah kata, masa muda. Namun di saat yang sama, aku tersadar bahwa kata yang biasa dan terus terang ini (masa muda) belum pernah kupikirkan saat melihat member idol lain. Masa muda adalah campuran dari pemberontakan, harapan, potensi, kemarahan, optimisme yang tak terkalahkan, ketidakpastian, dll sementara idol tidak seharusnya menunjukkan kelemahan. Dalam hal tersebut, untuk WINNER, album ini adalah karya yang merangkul hasrat dan kehausan akan kehidupan anak muda usia 20-an  sebagaimana teman sebaya mereka yang hanya mereka rasakan sepintas lalu sebagai seorang idol. Hal-hal yang ingin mereka lakukan tetapi tidak bisa – pergi mengikuti ombak laut, menyulut kobaran api cinta, memimpikan keabadian, menari dan mencintai – Kita semua mungkin juga memimpikan hal yang sama.

img229

Comeback mereka dimajukan karena harus dilakukan pada musim panas bagaimanapun caranya.  Hal ini merupakan hal yang sangat tidak biasa untuk YG merilis lagu baru ketika Really Really masih mendapat peringkat yang baik di chart.

"Kedua lagu tersebut merupakan demo yang telah kami kerjakan beberapa saat yang lalu. 'Love Me Love Me' adalah lagu yang bagian chorus-nya kami selesaikan dengan sangat cepat. Setelah mendengarkannya kembali, lagu ini sesuai dengan rasa musim panas. Tetapi secara lirik, kami ingin ada beberapa kejutan. Karena yang terasa hebat tidak hanya mencintai tetapi juga dicintai, kami berusaha untuk mengatakan 'Cintai aku' dibandingkan 'Aku mencintaimu'. Sementara itu 'Island' awalnya merupakan pulau yang kelam, dimana ada perasaan 'ingin keluar dari pulau dimana kau terkurung'. Tetapi kami ingin mengekspresikan perasaan seperti 'ayo pergi ke pulau', 'ayo melarikan diri', jadi kami mengubah total liriknya dan membuat melodi menjadi lebih menyenangkan."

Ini merupakan cerita di balik layar tentang kelahiran kedua lagu sebagaimana yang diceritakan oleh Kang Seungyoon yang dipanggil sebagai "komposer jenius" oleh member lain.

img228

Para pencipta tersebut mengatakan mereka dapat membuat 10 album penuh jika mengkombinasikan semua lagu yang telah mereka buat dan simpan selama ini, tetapi darimana mereka memperoleh inspirasi?

"Sebenarnya, baru-baru ini kami pergi ke Guam untuk syuting hal lain. Biasanya, sulit bagi kami untuk menyegarkan diri karena kami hanya terus melakukan pekerjaan terkait musik di studio perusahaan kami. Tetapi sepertinya lagu-lagu tersebut merefleksikan gambaran yang kami bayangkan dan lihat di Guam. Ketika kami pergi ke Guam dan Hawaii secara berturut-turut, gambaran kami tentang masa muda menjadi pohon palem (tertawa). Aku mengambil banyak sekali foto pohon palem dari berbagai sudut berbeda".

Berkat WINNER yang terinspirasi oleh kehangatan negara di daerah selatan , album <Our Twenty For> cepat mendapat julukan sebagai "lagu permintaan berhenti kerja". Hati-hati saat mendengarkan lagu tersebut saat berangkat kerja, jangan-jangan kalian menjadi ingin menyerahkan surat permintaan berhenti kerja. Terutama sangat berbahaya ketika Kim Jinwoo bernyanyi dengan suara manisnya di bagian seperti " Kau adalah bintang di langit yang gelap. Aku tak bisa melihat hal yang lain. Aku adalah milikmu. Kuingin berdansa denganmu", "Aku akan menyelamatkanmu dari bangunan penjara abu-abu, sampanye yang dingin dan segar, di bawah pohon palem".

img220

Bagaimana dengan penampilan di panggung yang bergelombang seperti lautan? WINNER menyatakan bahwa pertunjukkan "Island" sebagai yang tersulit dalam hal koreografi.

SY: Kalian hanya melihat kami berayun, tetapi hal itu memerlukan banyak tenaga. Jadi kami menjadi terengah-engah setelah pertunjukkan.

SH: Sebenarnya, kami terkenal karena tidak berkeringat (sesudah pertunjukkan). Diantara para idol, kami sering mendengar hal-hal seperti "bagaimana mungkin mereka masih kering dan segar setelah pertunjukkan?" (tertawa). Ini adalah pertama kalinya kami terengah-engah sejak waktu kami trainee. Tidak hanya berkeringat, kami semua menjadi basah kuyup. Tapi karena berkeringat, kulitku jadi lebih bagus dibandingkan dulu.

img221

Lee Seunghoon merupakan orang yang paling profesional dalam meningkatkan suasana.

MH: Dia cenderung secara ahli membangkitkan hal-hal imut yang membuat hati berdebar, atau sesuatu yang tak dapat dilakukan oleh orang biasa. Hal ini membuat kami lebih antusias dalam melakukan pengamatan bersama.

Apakah hal ini merupakan suasana yang dirancang dengan saksama atau merupakan suasana yang murni?

SY: Kami naik dan melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang kami rasakan. Kami tidak suka pertunjukkan di panggung yang berulang-ulang dan membuat kami bosan.

SH: Kadang, pakaian yang kami pakai membuat kami melakukan sesuatu secara berbeda. Mungkin hal-hal seperti jas, baju kasual, atau seberapa lebarnya celana kami adalah hal-hal yang mengubah pertunjukkan kami di panggung.

MH: Jika kami memakai pakaian hip hop, kesan (groove) kami akan menggila.

img221-1

Sebetulnya, WINNER bukanlah grup yang piawai dalam "stimulasi". Dibandingkan menyemburkan energi, mereka lebih ke arah "membelai". Tiga tahun yang lalu, ketika aku menghadiri acara presentasi untuk debut WINNER <2014 S/S>, mereka berjalan di atas runway sesuai dengan konsep yang disebut "Grand Launch". Hal yang masih kuingat adalah wajah mereka yang penuh determinasi dan musik pertama yang dimainkan setelah mereka pergi. Dibandingkan tertawan oleh kemenangan WINNER di WIN: Who IS Next, sebagian besar lagu tersebut memberikan kenyamanan yang mana mungkin mereka ingin mendengarkannya saat berjalan ke rumah setelah masa trainee yang panjang dan menyedihkan. "Empty", "Color Ring", "Don't Flirt", "I'm Him", dll judul-judul tersebut terasa terus terang dan blak-blakan tetapi lagu-lagunya sendiri mendekati pengakuan yang jujur dan tenang. Musik nyaman yang dapat kau simpan dalam playlistmu dan dengarkan kapanpun. Terpadu dengan lirik yang kerap terkoneksi dengan kehidupanmu dan oleh karena itu dapat tiba-tiba membuat hidungmu menjadi merah, bahkan saat kau sedang bekerja. Lagu-lagu mereka banyak membuat orang merasa terhubung dengan musiknya, tidak peduli apakah mereka merupakan penggemar ataupun tidak.

img219

WINNER berkata bahwa "Really Really"yang dirilis April tahun ini merupakan titik balik mereka.

SH: Ketika kami merilis musik dance ceria kami yang pertama, "Really Really", reaksi orang-orang sangat baik sehingga kami berpikir akan bagus jika kami lebih membawa suasana ini dan ingin merilis lagu lain dengan tipe dan kesan seperti ini. Bahkan sekarangpun genre yang sangat ceria seperti ini masih bukan warna dari WINNER. Kami masih dalam proses setahap demi setahap dan masih memiliki jalan yang panjang.

SY: Di masa lalu kami mencoba berbagai macam hal. Misalnya, kami banyak membuat lagu bertempo medium. Karena kami memiliki banyak lagu tentang putus cinta atau aspek yang kelam, aku pikir kami perlu sesuatu yang dapat menyegarkan kehidupan kami.

MH: Saat melihat ke masa lalu, kami telah membuat lagu – lagu yang lebih dewasa dari umur kami, jadi kami ingin meninggalkan jejak tentang masa usia 20-an kami.

img227

Alasan lain dibalik perbedaan musik dari WINNER di era sebelum ‘Really Really’ dan sesudah ‘Really Really’ adalah karena munculnya pujian bahwa “WINNER sudah menciptakan genre-nya sendiri”. Mengejutkan memang karena pada era debut mereka, Kang Seungyoon sempat berkata bahwa “Kami ingin memunculkan sebuah genre yang dikenal sebagai genre WINNER”, hal ini akhirnya memang menjadi kenyataan.

SY: “Kenyataan bahwa kami bukan dikenal sebagai orang lain melainkan hanya dikenal sebagai WINNER membuat kami sangat bahagia. Akhir-akhir ini, kami sama-sama setuju bahwa akan lebih baik untuk membuat sesuatu bersama-sama daripada membuat sesuatu yang mengarah pada genre yang disukai individu.”

Ketika aku bertanya tentang apakah WINNER merupakan sebuah grup yang mempertimbangkan trend, mereka menjawab “Kami adalah grup yang tidak bisa melewatkan trend”. WINNER adalah grup yang senantiasa menantang diri mereka dalam segi lirik dan melodi namun tetap tidak melewatkan trend yang ada.

img223

Kecenderungan mereka sebagai sebuah grup yang tidak ‘langsung jadi’ namun merupakan grup yang menciptakan diri mereka sendiri membuat WINNER menjadi grup yang spesial. Mungkin ini disebabkan karena mereka melalui masa-masa yang sulit ketika debut. WINNER sepertinya tidak pernah memiliki pikiran untuk bergantung pada pagar aman yang ada di dekat mereka yaitu agensi mereka, YG. Sejak awal, kredit pada album mereka sebagai besar dipenuhi oleh nama anggota WINNER, dan koreografi dari mereka biasanya diusung oleh salah satu anggota.

SY: “Itu tidak berpengaruh apa-apa sebenarnya. Ketika seseorang membuat sebuah pakaian yang cocok untuk kami, kami dapat melakukan promosi dengan itu. Contohnya saja adalah lagu ‘Don’t Flirt’ dalam album pertama kami, lagu ini dibuat oleh komposer lain kecuali bagian lirik untuk rapnya.”

SH: “Ada banyak trials and errors tidak terlihat yang terjadi. Kami biasanya merekam lagu dari komposer-komposer lain termasuk lagu dari Teddy hyung. Tapi, ketika kami melakukan itu lagu-lagu ini terasa seperti bukan merupakan pakaian yang pas untuk kami. Ada sebuah proses ketika kami mulai menyadari bahwa kami dapat lebih menunjukkan diri kami, namun tidak ada fase seperti “Kita adalah artis! Kita harus mengisi album ini dengan lagu-lagu kita sendiri.”

SY: “Seiring dengan berjalannya waktu, sekarang para komposer hyung akan meminta kami untuk mengerjakan lagu-lagu dari mereka karena lagunya akan terdengar lebih baik ketika kami memodifikasinya sesuai dengan gaya kami sendiri.”

img217

Meskipun bukan berasal dari YG yang sangat menghargai usaha mereka atau dari promosi karena sistem senioritas, WINNER sekarang sudah memiliki sebuah studio eksklusif untuk mereka sendiri di gedung YG.

SH: “Kami biasanya bekerja di studio komposer lain. Perusahaan kami akhir-akhir ini sudah memperluas ruangan untuk bekerja. Kami akhirnya dapat membawa kabar baik bahwa kami memiliki studio sendiri begitu juga dengan iKon dan One.”

Anggota yang paling lega dengan berita ini adalah Song Minho, yang hanya bisa bekerja ketika dia sendiri.

“Di depan tempat kami, ada sebuah ruang kecil di dalam ruang latihan yang dulunya pernah kami gunakan. Aku biasanya akan bekerja di sana dengan pintu tertutup. Aku tidak bisa berkonsentrasi di ruanganku dimana kucing melompat kesana-kemari…”

img222

Belum lama ini, WINNER sudah mengekspos rumah mereka lewat acara TV ‘Animal Farm’. Acara ini bahkan merupakan sebuah reality program untuk idol atau untuk majalah desain interior. Kehidupan mereka yang ramai karena didampingi oleh 3 ekor kucing dan 1 ekor anjing sedikit mengungkapkan aktifitas sehari-hari yang dijalani anggota WINNER. Hubungan antara mereka satu sama lain pun bisa dibilang cukup spesial. Mereka pada awalnya bukanlah keluarga atau teman namun, mereka sudah cukup lama menghabiskan waktu dan tinggal bersama. Definisi dari hubungan masing-masing mereka ke satu sama lain sebenarnya berbeda. Akan tetapi, ini bisa dikatakan sebagai hubungan di antara keluarga dan teman.

SY: “Mereka seperti keluarga untukku. Kau tidak terlalu mempedulikan penampilanmu karena kau selalu melihat mereka setiap hari. Hubungan kami seperti itu. Siapa memangnya yang akan bermain dengan saudara laki-laki kandungnya? Kau biasanya akan bermain dengan teman-temanmu.”

SH: “Benar, ketika kami sampai di rumah kami akan berada di kamar masing-masing.”

Karena kegemaran setiap anggota sudah cukup jelas, ketika ada yang ingin bermain sepakbola atau bermain game ‘Overwatch’ tapi ada anggota lain yang kurang menyukai ini, mereka akhirnya tidak jadi melakukannya. Tidak perlu ada penjelasan lagi. Mereka sudah saling mengerti satu sama lain hanya dengan melihat mata saja.

SH: “Kami memiliki hubungan yang sangat dekat tapi kami tidak pernah 100% mengetahui sejarah keluarga masing-masing. Tapi, apabila salah satu anggota kita melakukan operasi bisakah kita mendonorkan ginjal kita?”

MH: “Aku pikir aku bisa. Aku benar – benar merasa bahwa kalian adalah saudara kandungku.”

Meskipun sempat berdebat perihal mendonorkan ginjal masing-masing atau tidak, mereka sudah melalui waktu-waktu baik dan waktu-waktu sulit bersama-sama. Ini membuat hubungan mereka cukup rumit untuk dijelaskan.

img215

Kang Seungyoon sudah belajar memainkan gitar sejak zaman kanak-kanak, Song Minho sudah mengenal hip-hop sejak kelas 5 sekolah dasar dan mulai menulis lirik di kelas 6. Lee Seunghoon mulai bermimpi untuk menjadi secara dancer pada tahun pertama di sekolah menengah pertama. Kim Jinwoo telah memiliki impian untuk menjadi aktor dan terpesona pada seorang penyanyi di usia 19 tahun. Akhirnya mereka memasuki tahun ke-4 dengan nama WINNER. Hanya ada 2 hal yang tidak berubah; wajah anggota WINNER ketika mereka tidur dengan dalaman masing-masing dan pekerjaan yang ingin mereka lakukan sebagai seorang artis. Hal-hal selain 2 hal itu sudah banyak berubah.

SH: “Baru-baru ini, aku membaca sebuah artikel dimana Tuan JYP berkata bahwa ‘Untuk mengubah seorang idol menjadi artis adalah untuk mengubah proses untuk mendapat popularitas menjadi proses untuk mendapat pengakuan’ Terlepas dari rekor di chart digital, adalah sebuah pujian besar bagi kami ketika mendengar dari publik bahwa kami memiliki warna kami sendiri dan menciptakan musik yang ‘mudah’ untuk didengar. Itu membuat kami lebih bangga pada diri kami sendiri dibandingkan ketika kami memperoleh awards apapun. Kami sangat senang ketika orang yang tidak tertarik dengan idol mengenal musik kami, atau ketika lelaki paruh baya atau para hyung menyukai musik kami. BIGBANG sunbaenim dan PSY sunbaenim memiliki kelompok penggemar yang sangat bervariasi. Kami pikir itu adalah tujuan utama kami. Kami tidak hanya ingin menjadi idol singer tapi juga ingin menjadi musisi yang baik yang dicintai oleh semua kelompok umur.”

SY: “Pergi ke posisi yang lebih tinggi dan mendapatkan banyak gelar tentu saja merupakan hal yang penting. Akan tetapi, kami tidak ingin menjadi terlalu stress dan terbebani dengan hal itu. Kenapa mengaku sebagai seorang selebriti kalau balasannya adalah jiwamu menjadi sepenuhnya rusak? (karena merasa terbebani untuk mendapat gelar). Aku selalu berpikir bahwa aku membenci hal ini. Sampai di posisi ini adalah impianku. Di lokasi syuting kami benar-benar melalui waktu yang mengasyikkan dan menjalankan jadwal kami dengan bahagia. Aku harap kami dapat selalu melakukan aktifitas dengan mood seperti ini, yaitu aktifitas yang dapat kami lalui sambil bermain dan bernuansa menyenangkan.”

MH: “Kalau kau bertanya tentang targetku, aku dapat menjawab pertanyaan ini dengan ratusan hal; ‘Aku ingin merilis album lain WINNER tahun ini, mungkin album solo tahun depan, syuting video musik di tempat ini…’. Tapi, kalau kau bertanya tentang impianku, aku ingin menjadi seseorang yang selalu bekerja tanpa malas-malasan. Selalu membuat ide-ide baru adalah hal yang ingin aku biasakan.”

JW: “Aku pikir apa yang anggotaku katakan adalah impian dan targetku juga.”

Ketika merencanakan pemotretan untuk mereka, aku sudah menyiapkan berbagai mainan hi-tech abad ke-21 seperti skateboard, drones, action cam, dan smart mobility di sudut studio (pemotretan ini sayangnya tidak terpilih untuk dimasukkan). Di antara sesi syuting, anggota WINNER diam-diam mendekat dan bermain dengan mainan-mainan ini. Tidak butuh waktu lama, mereka sudah menggunakan mainan-mainan ini dengan ahli. Staff sudah memperingatkan mereka untuk berhati-hati. Aku mendadak teringat kata-kata dari Ryan McGinley bahwa jiwa dari skateboards adalah sebuah konstituen dari dunia seni.

 

“Daripada menganggap hal itu sebagai sebuah momen yang paling brilian, aku pikir ini dapat dikatakan sebagai masa muda ketika kau memiliki kekuatan untuk senantiasa berlari maju, terlepas dalam hal bekerja atau bersenang-senang. Setidaknya menurut kami begitu”

Apakah Kang Seungyoon menyadari bahwa simbol pohon palem yang senantiasa mengingatkannya pada masa muda itu sebenarnya dapat juga berarti “kemenangan” dan “kebangkitan kembali”?

Skateboards yang Song Minho kendarai pun bergerak mulus di lantai studio pada kesempatan itu.

***

Keterangan: SY= Seungyoon, SH: Seunghoon, JW: Jinwoo, MH: Mino

Scan kredit kepada @goduandme5. Terjemahan dari Bahasa Korea ke Bahasa Inggris oleh @greenikkie. Terjemahan dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia oleh @Incle_Babies x @innerwinner2510.

 

 

Iklan

1 thought on “[Wawancara] WINNER di Vouge Korea Edisi September 2017”

Apa yang komentar kalian tentang hal ini?

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s