[Wawancara] Taehyun di Majalah Elle Korea Edisi April 2016

Daftar lagu di album ini terisi dengan nama para members tetapi namamu yang paling banyak tercantum. Tampaknya kamu bekerja keras dalam membuat musik (selama hiatus).

Bukan tujuanku untuk menaruh banyak laguku dalam album. Jika aku suka menggambar, aku adalah jenis orang yang puas hanya menggambar dengan tanganku sendiri. Aku suka mendengarkan musik jadi aku mulai menulis musik, dan karena aku menikmati saat membuat musik, aku akhirnya jadi membuat banyak lagu. Aku suka membagikan musik yang kubuat dengan keluarga dan teman-temanku, tetapi melihat lagu-laguku naik turun di chart musik dan ada banyak orang yang mendengarkannya membuatku sangat bersyukur.

EPSON scanner image

Aku dengar kamu membuat lagu utama “Sentimental” saat sedang bermain bersama Song Mino.

Saat itu aku sedang bekerja sambil bermain gitar seperti biasanya. Karena member yang lain sudah pulang, aku sendirian bersama dengan Mino-hyung. Saat itu sudah larut malam jadi kami berbincang-bincang tentang ini dan itu sambil minum bir. Kami mulai berbicara tentang perasaan  “sentimental”. Aku sering menemukan inspirasi melalui kata-kata. Tiba-tiba aku merasa tertarik dengan kata “sentimental”. Aku menulis lagu dengan emosi yang aku rasakan pada saat itu sebagai fondasinya.

Apakah kamu sering merasa “sentimental”?

Iya. Karena aku menikmati sendirian dibandingkan berada di tempat yang berisik dengan banyak orang, kupikir aku sering merasa sentimental atau tenggelam dalam emosi.

Apa yang biasa kamu lakukan ketika sendirian?

Aku biasanya mendengarkan musik. Karena menyukai gaya yang analog*, aku lebih sering mendengarkan LP*. Baru baru ini, seorang penggemar menghadiahi aku LP dari album senior Kim Kwangsuk. Aku tahu kalau itu sulit untuk didapatkan jadi aku sangat berterima kasih. Sebelumnya, aku di Dongmyo untuk pemotretan dan menemukan toko audio yang hampir roboh di gang tersembunyi, jauh dari keramaian. Suasananya sangat mistis. Aku membeli turntable* disana dan karena itu sudah sangat tua, lebih mahal biaya perbaikannya. Karena amp dan interlocker yang kumiliki tidak cocok, aku berbelanja untuk komponennya. Baru saja aku selesai mengeset semuanya. Karena kejadian-kejadian itu, aku sangat menikmati mendengarkan musik.

*analog artinya bukan digital. Tidak seperti kita yang mungkin saat ini lebih senang mendengarkan musik digital dalam bentuk mp3 di HP atau komputer kita, Taehyun lebih suka mendengarkan musik analog dalam bentuk LP/kepingan vynil yang dimainkan dengan turntable (pemutar musik zaman dulu yang kepingan vynil ditaruh di dalamnya lalu dimainkan dan kepingan vynilnya jadi berputar), seperti orang-orang zaman dulu mendengarkan musik.

Aku melihatmu mengambil speaker portabel dan memainkan musik selama pemotretan.

Aku selalu membawa speaker portabelku ke pemotretan. Aku merasakan bahwa ketika aku memutar musik yang kusukai saat pemotretan, aku menjadi lebih nyaman dan merasa. Hari ini aku memutar the Beatles, musik country, blues, dan lagu-lagu seperti itu. Aku banyak mendengarkan genre musik itu belakangan ini.

Saat ini kau tampil di “Actor School”. Tidakkah gurumu menakutkan seperti harimau?

Apa yang kalian maksud adalah guru Park Shinyang (tertawa)? Itu sedikit berbeda dari menakutkan. Dia tidak berteriak dan sangat perfeksionis. Dia membuatmu memilih kata-kata dengan sangat hati-hati. Aku suka bahwa kami tidak harus memaksakan diri tertawa karena ini variety show. Aku tidak bisa memaksakan diriku tertawa.

Karena kamu sebelumnya mengalami kontroversi tentang akting, pastinya dibutuhkan keberanian khusus untuk memilih tampil di acara ini.

Ketika aku menerima informasi tentang acara ini, aku menyukai tujuannya dan aku pikir itu adalah kesempatan yang kubutuhkan. Ketika aku mengalami “kontroversi”, aku tenggelam dalam pemikiran, tetapi di atas segalanya, aku malu karena mengambil bagian dalm suatu drama ketika aku belum terlalu siap. Aku ingin belajar dengan benar jadi aku “Actor School” dengan hati yang tulus. Aku yakin acara ini akan menjadi salah satu kesempatan belajar paling bermakna dalam hidupku.

Aku terkejut kau secara pribadi membeli lensa kontak berwarna setelah melihat konsep proposal. Aku rasa kau adalah orang yang sangat bersemangat.

Aku suka untuk mencoba sesuatu. Mungkin itu ketangguhan? Keberanian? Ketika orang mengatakan, “Kupikir ini tidak akan bisa” atau “Ini tidak aman. Aku tidak akan melakukannya,” aku melakukan semuanya. Wajar jika ku takut pada awalnya, tetapi tidak ada yang tahu apa yang akhirnya akan terjadi. Aku ingin menciptakan ruang untuk kemungkinan sebanyak yang aku bisa. Aku pikir untuk orang seperti kami yang melakukan pekerjaan ini, kami tidak boleh membatasi diri kami sendiri.

Darimana mental untuk menerima tantangan itu datang?

Kupikir itu sebagian besar karena lingkungan dimana aku dibesarkan. Sejak aku kecil, aku menghabiskan banyak waktu sendiri dan aku menyukai hal-hal yang berbeda dari anak kecil yang sebaya denganku. Ketika aku SD, teman-temanku menyukai manga (komik Jepang) dan robot tetapi aku sangat menyukai kereta bawah tanah. Aku menyukainya karena ketika aku pergi ke stasiun dan jalur keluar yang berbeda, aku melihat dunia yang berbeda dari yang aku tahu.Aku dulu sering menaiki bus sendirian dan pergi hingga pemberhentian terakhir. Aku tidak membatasi diriku pada batasan yang biasa. Daripada itu, aku membiasakan diri menyerap dan menerima hal-hal yang berbeda. Karena hal ini, kupikir aku memiliki rentang perasaan bahagia yang lebih lebar dibandingkan orang lain.

Bagaimana kombinasi antara Song Mino and Nam Taehyun di WINNER?

Ketika ada kegelapan, ada cahaya. Kupikir kami memiliki kombinasi yang seperti itu. Mino-hyung dan aku memiliki aspek yang sangat berbeda. Jika aku adlah introvert, Mino-hyung adalah extrovert. Bahkan jika kalian melihat penampilan kami, aku memiliki kesan yang lembut Mino-hyung memiliki garis wajah yang tegas. Ketika kami bernyanyi, suara Mino-hyung rendah sedangkan aku memiliki nada suara yang lembut. Dalam hal demikian, kupikir kami saling melengkapi. Dan walaupun Mino-hyung terlihat maskulin, dia sebenarnya sangat imut. Dia adalah orang dengan banyak hal-hal berkebalikan.

Kerjasama kelima member pasti makin bagus karena kalian telah menghabiskan waktu lama bersama.

Karena masing-masing dari kami memiliki kecenderungan yang berbeda, saat kami pertama kali berkumpul terdapat gesekan. Tetapi sekarang, kami membawa keluar pesona kami masing-masing dan menjadi harmonis bersama. Ketika aku membawa lagu yang kubuat kepada mereka, walaupun lagu itu mungkin kurang bagus tapi para memberku menenggelamkan diri mereka di dalamnya dengan semangat. Aku ingin WINNER menjadi grup yang membuat musik yang menyentuh hati orang dibandingkan grup yang mengikuti tren. Dan aku harap orang-orang akan mengakui hal ini suatu saat nanti. Aku ingin kami menjadi grup yang berjalan perlahan tetapi pasti.

Bagaimana dengan tujuan pribadi Nam Taehyun?

Melihat dalam jangka waktu yang panjang, aku harap aku tidak kehilangan tenaga penggerak dan gairah yang kumiliki saat ini. Aku masih merasa malu saat mengatakan bahwa aku adalah penyanyi dan idol dengan mulutku sendiri. Aku ingin menjadi seorang artis yang diakui dan dikenal oleh orang lain tanpa aku harus memberitahu mereka. Kupikir itulah tujuanku.

Seperti halnya “Empty” dan “Sentimental”, bagaimanakan kau akan mengekspresikan emosimu saat ini dalam 1 kata?

Lelah (tertawa)?

Kapan terakhir kalinya kamu mengatakan, “aku mencintaimu”?

Sudah lama sejak aku terakhir mengatakannya. Aku harap akan ada stuasi dimana aku dapat mengatakan hal itu!

Terjemahan bahasa Inggris oleh @chrissy96_. Terjemahan ke Bahasa Indonesia oleh @Incle_Babies.

Iklan

Apa yang komentar kalian tentang hal ini?

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s