Wawancara, Winner Quotes

[Wawancara] Mino di Majalah Elle Korea Edisi April 2016!

EPSON scanner image

Kalian kembali dari Cina hari ini kan? Aku dengar kalian akan tampil di acara variety show terkenal di China, “Happy Camp”.

Aku benar-benar merasa khawatir untuk tampil dalam variety show di tempat yang bahasanya tidak kumengerti secara penuh tapi ternyata itu sangat menyenangkan. Tampaknya acara ini adalah acara dimana hanya orang terkenal di Cina yang tampil. Aku buru-buru menanyakan beberapa kata kepada staf dan melatihnya sehari sebelum syuting. Kupikir aku melakukannya lebih baik dari yang kuperkirakan. Aku bahkan mendapatkan pujian.

WINNER merilis album baru EXIT:E setelah 1 1/2 tahun. Bagaimana rasanya mempromosikan album baru setelah sekian lama?

Kami sibuk sampai-sampai waktu untuk tidurpun kurang, tapi kami menikmatinya. Ketika kami melakukan fansign setelah merilis album kami, aku sering menerima komentar tulus dari penggemar. Tiap kali seorang penggemar mengatakan bahwa lagu-lagu yang kubuat membantu mereka menghadapi masa sulit, aku merasa sangat bersyukur dan menjadi lebih kuat.

Kau tampil di SMTM4 selama masa hiatus. Saat acara tersebut disiarkan, kau menjadi pusat perhatian. Apakah kau memperoleh sesuatu darinya sebanyak kesulitan yang kau hadapi?

Tentu saja. Sangat memenuhi dan pengalaman yang baik. Pertama-tama, aku bertanya-tanya apakah aku dapat bekerja dengan baik atau aku hanya mendapat kehilangan saja dan khawatir akan banyak hal yang berbeda. Sejujurnya, saat itu sangat melelahkan. Tapi setelah melihat lebih jauh lagi, kupikir masa-masa yang kurasa sulit itu sekarang adalah kenangan yang bermakna. Dan kadang aku merasa menjadi dewasa melalui pengalaman tersebut.

Tidakkah saat itu kau “lapar” akan panggung dimana kau berdiri sebagai rapper Song Mino?

Bohong jika aku bilang aku tidak menginginkannya. Aku melakukan hal yang terbaik dalam mencapai keharmonisan dalam grup ketika aku berdiri sebagai WINNER. Meskipun demikian, aku harap aku dapat menerima kesempatan untuk menunjukkan semua tentang diriku sebagai seorang artis solo suatu saat nanti. Ketika aku mengerjakan lagu-lagu untuk grupku, aku juga mengerjakan lagu soloku.  Jika CEO Yang memberikanku kesempatan, peluruku telah siap (tertawa).

Kamu terlihat seperti yang paling macho di grup tetapi ada saat dimana kamu “jahil” di belakang layar.

Aku banyak bercanda. Dulu aku sangat suka bercanda tetapi ketika aku dewasa, aku menjadi lebih sensitif dan tidak bercakap-cakap sebanyak dulu. Tetapi kapanpun aku berada dalam mood yang bagus, aku menjadi gembira tanpa batas dan banyak meloncat kesana kemari. Aku adalah tipe orang yang selalu berusaha positif di situasi apapun yang kuhadapi. Jika aku jatuh dalam depresi hanya karena aku lelah, itu hanya akan membuatku menderita dan aku tidak akan dapat berkembang.

Aku dengar kamu sangat supel. Kami senang untuk menghabiskan waktu bersama dengan orang seperti apa?

Aku sangat khusus mengenai hal itu: Orang yang menyenangkan! Ketika aku melihat orang-orang yang dekat denganku, mereka semuanya menyenangkan. Aku suka orang yang lucu, pandai berbicara, dan memiliki kepribadian yang unik. Aku suka orang yang gila (tertawa).

Bagaimana dengan Nam Taehyun, yang bersama-sama denganmu melakukan pemotretan ini? Apakah kalian berdua berteman dengan baik?

Ya, aku pikir “chemistry” kami bagus. Diantara semua member grupku, aku pikir dia dan aku memiliki pertukaran yang enerjik. Kami kadang minum bersama di dorm. Taehyun adalah orang yang sangat penasaran. Terkadang dia dapat terlihat seperti anak kecil. Jadi aku menjaganya seperti orang tua. Kapanpun dia terlihat seperti mau jatuh ketika bermain-main, aku menahannya  agar tetap tegak.

“Pricked” adalah lagu yang diciptakan dan ditulis liriknya oleh Song Mino dan Nam Taehyun menyanyikannya. Aku merasa lagu ini merupakan lagu yang paling emosional dalam album.

Aku membuat lagu original yang disebut “Madman” saat WIN tetapi saat aku bekerja untuk album kami, aku membukanya, menghapus dan menulis ulang lagu itu lagi. Pada saat itu, aku merasa sedikit muram adi aku mencoba mengekspresikan kemuraman itu sedalam mungkin dan juga secara puitis. Aku bahkan mematikan lampu dan mengerjakannya berfokus pada emosi tersebut. Setelah aku selesai, aku membuat Taehyun mendengarnya karena kupikir suaranya akan cocok untuk lagu ini dan dia sangat menyukainya. Dia langsung merekamnya dan seperti yang kuperkirakan suaranya memang benar-benar sesuai untuk lagu itu.

Kau bahkan secara pribadi menggambar cover untuk Pricked. Kamu memiliki banyak ketertarikan dalam seni kan?

Aku suka melihat lukisan dan menggambar. Ketika aku muda, dalam waktu dimana orang belajar, aku menggambar di mejaku. Bahkan ketika aku telah menjadi WINNER aku juga terus menggambar. Baru-baru ini aku melihat karya seni artis Korea Jang Youngwon di pameran seni di Kyungi-do dan kupikir itu menyegarkan. Dia biasanya melakukan karya seni kolase tetapi dia memamerkan seni instalasi.

Apakah kamu memiliki hobi baru atau adakah sesuatu yang baru-baru ini membuatmu tertarik?

Sampai beberapa saat yang lalu, aku dapat menghitung berapa banyak buku yang kubaca dengan 1 tangan tetapi aku telah jatuh ke dalam dunia yang baru dengan membaca. Aku pergi ke toko buku awal tahun ini dan aku membeli buku karangan Hisaghino Keigo, “The Murder in Mansion Maquerade” dan aku sangat menikmatinya. Setelah itu, aku membaca buku yang disebut, “Pria berusia 100 tahun yang memanjat jendela dan menghilang” yang dihadiahkan oleh fansku dan aku benar-benar merasa mengalami dunia yang baru. Aku menemukan bahwa membaca novel memiliki pesona yang berbeda dari film atau lukisan. Aku merasa kalimat ekspresif yang bervariasi sangat menyegarkan. Aku berencana membaca lebih banyak buku. Aku juga menulis  diariku setiap hari. Aku pikir aku melepaskan banyak hal penting karena aku memiliki ingatan yang tidak baik.

Bagaimana rasanya menjadi penyanyi di bawah YG Entertaiment? Aku pikir itu pasti terasa seperti berada dalam pagar yang kuat tetapi juga menjadi tempat pertarungan antara para artis yang bertalenta.

Berada disini sangat kompetitif. Khususnya karena hampir semua artis disini menulis musik mereka sendiri, kita tidak dapat tidak waspada terhadap satu sama lain. Meskipun demikian, kebanggaan dan rasa keberadaan di YG sangat kuat. Ketika aku SMA, aku adalah trainee dari perussahaan kecil tapi sekarang aku debut dan promosi sebagai WINNER di bawah naungan YG, jadi ada banyak hal yang berubah dalam hidupku.

Walaupun kau berkata bahwa mimpimu adalah untuk membuat musik dan berkompetisi melalui musik, apakah kamu pernah merasa terbebani?

Ketika aku muda, aku menyukai ide itu sehingga aku menghadapi semua musik yang kucari sebagai “pekerjaan” tapi ada waktu-waktu dimana aku menyesalinya. Ketika aku bersusah payah saat mempersiapkan album  dan ketika aku muncul di SMTM4, aku menemukan diriku tidak mendengarkan musik yang berhubungan dengan saat itu. Tapi itu tidak bertahan lama. Aku mencintai musik dan aku menganggap musik adalah pekerjaanku sampai aku mati. Ada hal-hal yang belum aku dapatkan sebagai member WINNER. Aku ingin mengalami lebih banyak hal mulai dari sekarang dan aku ingin menerima lebih banyak perhatian dan cinta. Kupikir semua memberku juga memiliki pemikiran yang sama. Kami semua adalah bundelan ambisi (tertawa).

Kudengar WINNER akan muncul dalam acara variety show baru JTBC “Halfmoon friends” yang episode pertamanya akan disiarkan di bulan April. Dapatkah kau menceritakan beberapa detailnya?

Kami, member WINNER, akan menjadi guru TK untuk anak-anak yang biasanya menghabiskan waktu mereka sendiriannya. Aku tidak memiliki banyak pengalaman menghabiskan waktu dengan bayi dan anak-anak tetapi aku menyukai anak-anak sehingga aku pikir aku akan dapat melakukan apapun untuk mereka. Aku ingin membuat kenangan yang tak terlupakan bagi kami semua  dengan mereka dan aku pikir aku juga akan menerima banyak hal melalui anak-anak itu.

Foto kredit kepada @goduandme. Terjemahan ke Bahasa Inggris oleh @chrissy96_. Terjemahan ke Bahasa Indonesia oleh @Incle_Babies. Foto lengkap dapat dilihat disini.

Iklan

1 thought on “[Wawancara] Mino di Majalah Elle Korea Edisi April 2016!”

  1. Yoksi… dia emang bukan leader tapi pendapat mino itu penting di grup. Dan emang Yoon pantas jadi leader karena di dori yoon itu terpancar jiwa leader.
    Mino keliatan banget berubahnya dia dulu somplak dan sekarang ttp somplak walau gak kaya si hoon. Dia begitu tau lagunya yang cocok siapa… lagu pricet sendiri aku dengernya bagus liricnya so sweet dan emosionalnya dapet

    Suka

Apa yang komentar kalian tentang hal ini?

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s