Foto, Wawancara

[Wawancara] WINNER di Majalah Nylon Korea Edisi April 2016!

WINNER, yang baru saja kembali dari syuting Variety Show China “Happy Camp” di malam sebelum hari pemotretan dan wawancara , berbicara tentang bagaimana mereka sangat linglung selama syuting variety show tersebut sehingga mereka tertawa.

Taehyun berkata dia merasakan perasaan aneh seakan-akan kepalanya terbelah menjadi 2, “Aku pikir “Huh, apa yang terjadi?’ dan kemudian berpikir, ‘Oh, sudah selesai’ dan itu selesai begitu saja. Aku mendengarkan penerjemah dan mengamati reaksi penonton dan itu semua sangat gila“.

Secara tak terduga, Seunghoon berbicara tentang fakta bahwa mereka tidak pernah tampil dalam variety show terkenal di Korea malah membuat mereka semakin ambisius. Dia menjelaskan, “Jika kami punya pengalaman dalam tampil di program ngetop seperti ‘Running Man’ atau ‘Infinity Challenge’, aku pikir kami akan lebih terintimidasi. Tentu saja kami melakukan pencarian tentang betapa terkenalnya MC acara ini dan betapa populernya acara ini di Cina. Tapi meskipun demikian, karena lingkungannya berbeda, sulit untuk secara jelas memahami apa yang terjadi. Namun, kupikir hal itu justru membantu kami mengeluarkan kepribadian kami yang seperti biasanya.”

Kami bertanya pada WINNER yang merilis album baru mereka EXIT:E setelah 1 tahun 5 bulan, untuk mengekspresikan warna musik mereka dengan hashtag.

Hashtag pertama yang dikemukakan Seungyoon adalah “Bebas”. Seperti halnya humor mereka yang cocok dengan variety show di negara lain, musik mereka juga mengalir tanpa bisa ditebak dan mustahil untuk dikategorikan ke dalam satu genre. “Tentu saja, kami adalah orang-orang yang membuat musik di bawah label besar YG dan karena kami membuat musik mainstream, kami harus mempertimbangkan selera kebanyakan orang. Meskipun demikian, kami tidak berpikir bahwa kami harus memaksakan diri mengikuti trend saat ini. Dalam hal tersebut, kami bebas.”

Mino juga setuju dengan gaya musik WINNER yang tanpa batas. “Karena ada banyak member yang membuat musik, tiap-tiap orang bebas bekerja untuk musik yang kami suka dan musik yang kami pandai dalam membuatnya. Ketika semua lagu tersebut kami kumpulkan, pilah-pilah dan saring, esensi tersebut adalah arah musik WINNER.”

Setelah sebuah lagu dengan gaya dan karakteristik berbeda telah jadi, Jinwoo, yang memiliki telinga paling obyektif diantara semua member, akan mendengarkannya. “Sejujurnya, pendapatku tidak selalu benar. Hal ini tidak dapat dicegah bahwa tiap orang memiliki selera pribadi yang unik. Ada saat dimana aku menyukai sebuah lagu tetapi ternyata tidak dimasukkan ke dalam album. Ada juga waktu dimana aku tidak terlalu menyukai sebuah lagu dan itu terpilih menjadi salah satu track dalam album. Meskipun demikian, karena aku tidak membuat musik, secara relatif aku dapat menjadi member dengan opini paling obyektif.”

EXIT adalah proyek sepanjang tahun yang dipersiapkan WINNER dengan seluruh hati dan jiwa mereka. Karena album pertama dari EXIT dengan 5 buah lagu telah dirilis, tujuan mereka saat ini adalah agar ketiga album selanjutnya dapat dirilis tanpa hambatan. Ketika ditanya tentang variety show di Korea yang mereka inginkan untuk tampil, beberapa member tersenyum penuh makna. Senyum mereka mengarah pada artikel tentang variety show mereka yang akan datang, “Half-moon Friends”, yang dirilis setelah wawancara ini dilakukan. Mereka berbicara tentang bagaimana ketiga album selanjutnya dari proyek EXIT mengadung hal-hal yang rahasia dan fresh.

Bagaimana kalian menghabiskan waktu kalian selama hiatus, setelah album pertama kalian dirilis?

SY: Kami menghabiskan waktu dengan membuat lagu-lagu yang bagus. Aku secara pribadi banyak memikirkan tentang bagaimana kami akan tampil di atas panggung.

TH: Kami sering ditanya, “Tidakkah kalian merasa gelisah karena hiatus kalian sangat lama?” tapi aku sebenarnya mengatasi kegelisahanku dengan mengerjakan musik. Aku menghabiskan waktu dengan memikirkan musik sebagai jalan keluar dibandingkan menjadi lelah karena beban. Aku mencoba memperluas jangkauanku dalam seni dengan menonton dan mendengarkan berbagai hal yang berbeda.

JW: Secara mental, lebih sulit untuk mencari hal untuk dikerjakan saat hiatus dibandingkan berurusan dengan jadwal sibuk saat kami sedang promosi. Aku secara pribadi mengatasi kesulitan tersebut dengan menghabiskan waktu untuk mengembangkan kemampuanku .

MH: Seperti yang mungkin sudah kalian ketahui, aku menghabiskan sebagian besar waktuku untuk tampil di SMTM4. Setelahnya, kami melakukan promosi di Jepang dan aku bekerja untuk musik soloku dan juga album WINNER. Aku pikir aku menghabiskan waktu dengan sibuk.

SH: Aku mengikuti perkataan, “Satu hati, Satu tujuan” (menyatukan semua pikiran untuk satu tujuan),  menonton SMTM4 dan mendukung Mino. Seperti yang Mino katakan, tanpa perlu banyak diungkapkan kami bekerja keras dalam membuat musik tetapi kami juga memiliki banyak jadwal  di Jepang jadi kami belajar bahasa Jepang.

Aku dengar kalian mengalami waktu yang menyenangkan saat membuat lagu utama kalian, “Sentimental”, karena saat itu kalian minum bir dan bersenang-senang.

TH: Kami hanya memasukkan lagu-lagu yang kami buat dengan nyaman dan lancar dalam album ini. “Baby Baby” sedikit berbeda. Bukan karena aku mendapatkan kesulitan saat membuatnya, tapi karena aku membuatnya di saat-saat sulit, aku memiliki rasa sayang khusus terhadap lagu itu.

JW: Ada lagu yang kunyanyikan yang membuatku larut ke dalam emosi dengan sangat mudah tetapi lagu itu tidak dimasukkan dalam album ini. Haha. Kita akan melihat apakah kami akan membiarkan orang-orang mendengarkannya.

Setiap kalian berbincang-bincang sambil membuat album ini, adakah topik yang paling sering kalian bicarakan?

MH: Pertama-tama, itu adalah “kapan ini akan dirilis?”. Kami juga bertanya-tanya tentang hal-hal lainnya tetapi aku pikir kami mengerjakan album ini sambil merasa paling penasaran tentang kapan akan dirilis. Sembari kami memikirkan hal itu, kami mengerjakan album ini dan membuat pembicaraan terkait musik ketika kami bertanya kepada satu sama lain, “Dapatkah seseorang menulis bagian ini? Apakah kau ingin menulisnya?”

Mino dan Seunghoon, ketika kalian menulis lirik rap kalian, apakah kalian biasanya menulis berdasarkan pengalaman atau imajinasi?

SH: Sejujurnya, aku gampang melupakan pengalamanku. Misalnya, walaupun aku berkencan dengan seseorang, aku jatuh ke dalam emosi saat itu dan melupakan hal-hal yang kucintai. Oleh karena itu aku memperoleh inspirasi dari hal-hal yang kulihat atau dengarkan, seperti buku atau tulisan yang baru kubaca,  gambar atau iklan yang baru-baru ini kulihat. Aku pikir aku menambahkan pikiranku ke dalam inspirasi tersebut.

MH: Dalam album pertama kami, ada banyak hal yang kutulis melalui imajinasi tetapi kali ini aku menggunakan pengalaman. Misalnya dalam “Sentimental”, dalam lagu itu ada lirik, “Aku hanya menatap langit-langit”. Ketika aku mengerjakan album ini, aku bekerja setiap malam. Tetapi karena pekerjaanku tidak selesai-selesai aku menjadi sangat sentimental dan terus menatap langit-langit. Kupikir situasi tersebut kuekspresikan dengan baik dalam lagu itu.

Apa yang para vokalis (Jinwoo, Seungyoon, Taehyun) rasakan tentang suara kalian satu sama lain?

TH: Aku biasanya menyanyi dalam suara lembut tetapi dulu aku merasa iri dengan suara Seungyoon-hyung yang kuat karena memiliki pesona yang tidak kupunyai. Sekarang ini, aku kadang berlatih teknik dimana aku bernyanyi dengan cara berbeda. Aku pikir aku akan dapat menunjukkan sisi lain dari nyanyianku pada album kami selanjutnya.

SY: Aku sangat menyukai  nada suara Jinwoo-hyung. Dan kupikir cara lembut Taehyun bernyanyi, yang dia sendiri juga menyadarinya, juga mempesona. Aku pikir kami menstimulasi satu sama lain. Walaupun kami mungkin merasa iri dengan suara kami satu sama lain, kami mencoba mencari aspek dari suara kami sendiri yang juga kami suka.

Video  dari artis YG lain mencover “Sentimental” mendapat banyak perhatian. Jika kalian mendapat kesempatan, apa lagu artis lain yang ingin kalian cover atau siapa artis yang kalian ingin ajak kolaborasi?

SY: Pertama-tama, aku pikir cover video dari Yoo Byungjae-hyung merupakan yang paling memberikan dampak. Versi Epik High hyung adalah yang paling adiktif. Tentang kolaborasi, ada banyak artis generasi mendatang jadi aku memiliki banyak artis yang ingin aku ajak bekerjasama seperti Hyukoh Band, Zion T., Crush dan Dean.

SH: Aku ingin berkolaborasi dengan Direktur Teddy. Aku ingin bekerja dengannya karena dia merupakan perwakilan produser di YG dan dia telah menulis berbagai lagu hit.

TH: Aku sangat suka menyanyikan lagu artis lain ketika aku pergi ke karaoke. Aku ingin menyanyikan ulang (remake) lagu dari Kim Kwangsuk-sunbaenim atau artis senior lainnya. Dan jika aku mendapat kesempatan, aku ingin secara personal merekrut musisi yang populer di Hongdae dan membentuk band. Aku ingin mencari musik yang merefleksikan warnaku.

MH: Aku ingin berkolaborasi dengan Code Kunst, yang merupakan musisi di bawah HIGHGRND

Adakah sesuatu yang membuatmu terobsesi walaupun saat ini kalian memiliki jadwal yang sibuk?

SY: Kupikir kami semua belakangan ini suka menggunakan Instagram? Aku orang yang sedikit realistis, tetapi belakangan ini tenggorokanku menjadi bengkak bahkan jika aku hanya sedikit stress jadi aku tidak terlalu aktif secara fisik. Aku banyak fokus untuk memulihkan kondisiku sebelum konser kami.

JW: Seunghoon telah berbicara dengan berlebihan tentang ini di acara radio, tapi aku menonton film “Veteran” berkali-kali di kamar mandi karena aku tidak memiliki hal yang kukerjakan disana. Belakangan ini aku terobsesi dengan drama “Signal” dan bersedih karena dramanya akan segera berakhir.

TH: Jinwoo-hyung adalah tipe yang terobsesi mendalam dengan hal yang dia sukai. Tipe orang seperti ini selalu sukses. Tetapi hyung selalu terobsesi dengan snack dibandingkan hal-hal yang baik. Ha ha.

MH: Aku selalu membaca puisi dan tidak sering membaca novel. Dalam beberapa hal, novel seperti pengantar tidur untukku (keterangan: dalam artian baca novel membuat Mino ngantuk…wkwkwk). Tapi aku membaca buku “Pria berusia 100 tahun yang memanjat jendela dan menghilang” dan buku itu sangat bagus. Aku merasa seperti menyadari sesuatu yang besar dimana aku menemukan dunia yang besar dan berbeda jadi itu sangat menyegarkan.

TH: Beberapa saat yang lalu aku di Dongmyo karena pemotretan dan menemukan sebuah toko audio tua di gang yang terpencil. Aku membeli turntable yang kusukai disana dan juga membeli amplifier serta komponen  lainnya untuk menghubungkan benda-benda, bahkan memperbaikinya. Aku baru menyadari aku menghabiskan lebih banyak uang membeli benda-benda itu dibandingkan turntable-nya. Omong-omong, aku mengkoleksi banyak album dan belakangan ini terobsesi dengan musiknya Bob Marley. Aku berpikir untuk pergi ke restoran Haha-sunbaenim untuk berbicara tentang reggae sambil makan barbecue nanti.

SH: Aku penonton setia “Boni Hani” jadi kami dapat mengumpulkan penggemar dari berbagai usia. ~Pick me, pick me, pick me up~ Aku menonton “Produce 101” tiap minggu karena aku bagian dari industri hiburan dan program audisi seperti itu adalah pusat perhatian.

Variety show apa yang kalian ingin tampil berlima?

MH: aku pikir Running Man terdengar bagus.

SH: Mari berhenti berbicara tentang Running Man. Mereka tidak akan mengundang kita. Sejujurnya, kami sangat ingin pergi ke acara itu jadi kami membicarakannya pada 5 atau 6 kesempatan yang berbeda. Sekarang aku merasa malu bahkan hanya dengan menyebut tentangnya. Ha ha.

MH: Aku juga suka “Take Care of My Refrigerator”.

SY: Belakangan ini, diantara kami berlima, kami saling berbicara tentang ingin menjadi bagian dari program “Youth Over Flowers”. Kupikir akan menyenangkan jika kami pergi ke suatu negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris. Kami akan menggunakan tangan dan kaki untuk berkomunikasi dengan penduduk lokal disana.

TH: Seunghoon-hyung mungkin memiliki kemampuan untuk hidup yang terkuat diantara kami. Hyung yang satu ini mungkin bahkan akan bertahan jika ditaruh di pulau tak berpenghuni.

Apakah kalian menyiapkan kejutan untuk tur konser yang akan dimulai tanggal 12 ini?

SY: Kami menarikan koreografi tajam yang orang lain tidak pernah lihat sebelumnya?

TH: Terus terang, walaupun kami mengatakan “tajam”, itu tidak akan terlalu tajam. Ha ha. Tapi kami masih melatih koreografi setiap hari tanpa gagal.

JW: Kami tentu saja akan menampilkan lagu-lagu kami sendiri. Tadi kami ditanya tentang lagu cover, kami juga menyiapkan panggung dimana kami menampilkan lagu orang lain.

SH: Lee Hayi akan menjadi bintang tamu kami. Hal ini belum diumumkan secara resmi. Penggemar Lee Hayi, tolong datang (Wawancara ini dilakukan sekitar seminggu sebelum artikel tentang Hayi sebagai bintang tamu dirilis).

MH: Kami menyusun ulang susunan panggung kami yang biasanya. Kami berusaha yang terbaik untuk membuat semua hal sedetil mungkin dengan kualitas tinggi, tapi hal-hal tersebut konteksnya sama dengan “koreografi tajam” tadi kan? Ha ha.

Aku dengar EXIT MOVEMENT adalah proyek sepanjang tahun. Kalian punya rencana untuk hal-hal selain album ini dan konser kan?

JW: Kami memiliki rencana untuk tur, tetapi karena album E adalah album pertama dari EXIT yang dirilis, harapan terbesarku adalah untuk album-album selanjutnya (X, I, T) dirilis tanpa penundaan dan dalam tahun ini.

SY: Kami masing-masing akan bekerja keras dalam peran kami sehingga WINNER dapat lebih bersinar lagi. Jika aku menginginkannya, aku akan ingin menaruh salah satu lagu soloku di dalam salah satu album mendatang atau menyiapkan fondasi dari album soloku.

TH: Setiap aku membuat lagu, aku jadi merasakan pertentangan. Aku berpikir tentang apakah aku seharusnya membuat lagu yang akan kusukai atau apakah aku seharusnya membuat lagu yang akan disukai orang lain. Tahun ini aku ingin bekerja dalam benar-benar memutuskan nilai diantara kedua hal tersebut.

SH: Aku ingin mencari hal lain selain musik dimana aku memiliki potensi. Misalnya merangkai bunga. Kita bisa menaruh bunga di vas tapi juga bisa menaruh bunga di telinga kita. Ha ha. Kalian sadar bahwa aku setengah bercanda kan? Aku mengharapkan semua memberku sehat dan sering merasa bahagia.

MH: Aku juga mengerjakan musik soloku ketika aku memiliki waktu. Aku belum dapat menunjukkan kemampuan pribadiku setelah SMTM4 berakhir. Ketika WINNER promosi berlima, tentu saja aku mencurahkan seluruhnya untuk WINNER. Aku sedang mengisi pistolku dengan peluru sehingga ketika kesempatan muncul aku selalu siap.

Scan oleh @goduandme5. Terjemahan ke dalam Bahasa Inggris oleh @chrissy96_. Terjemahan ke dalam Bahasa Indonesia oleh @Incle_Babies.

 

Iklan

1 thought on “[Wawancara] WINNER di Majalah Nylon Korea Edisi April 2016!”

  1. Kata kata mino di akhir ngena banget … ibarat dia belum mempunyai amunisi cukup untuk menembak tepat sasaran. Aku juga berharap mereka tampil di runningman .. semoga tahun ini atau tahun berikutnya.. semua yang mereka lakukan itu mengagumkan untukku… WINNER emang bukan BB sembarangan mereka pantas mendapat gelar itu karena mereka gak memilih gener music .. mereka selalu pake hati nurani… suka banget sama setiap hasil wawancaranya… ada candaanya. Taehyun juga suka bener ngomongin hoon. Dia selalu bisa hidup walau di tempat terpencil gkgkgk

    Suka

Apa yang komentar kalian tentang hal ini?

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s