[Wawancara] 160120 WINNER Mengungkapkan Perjuangan Mereka Selama Hiatus di Majalah W Korea

style_569cd2308e9a5-1200x851

MINO

P: Lagu pertama yang dirilis dari album baru kalian adalah “PRICKED” yang dibuat oleh dirimu. Adakah alasan kenapa kau memilih Taehyun sebagai vokalis?

Aku pikir dia menyanyikan lagu emosional dengan baik. Dia luar biasa dalam menggambarkan emosi melalui nada suaranya. Poin utama dari lagu ini adalah emosi yang menyebar secara mulus dalam chorus dan aku pikir Taehyun melakukan itu dengan baik.

P: Kau memfilmkan  adegan ciuman di video teaser. Apakah itu artinya sekarang kamu mengambil peran seksi di dalam grupmu?

Kepribadianku secara umum adalah ceria dan aku suka bermain-main tetapi aku menjadi serius jika itu soal pekerjaan. Karena adegan ciuman itu diberikan kepadaku, aku melakukan yang terbaik (tertawa).

P: Kau terlihat cukup berbeda dibandingkan dengan karakter yang aku lihat di SMTM4. Kamu terlihat lebih nyaman dan mengalir (dibandingkan saat itu).

Tidak ada aturan bahwa hip-hop  haruslah merupakan genre yang menakutkan dan kau harus bertingkah kuat. Meskipun demikian, program SMTM4 adalah program pertarungan dimana peserta harus berkompetisi satu sama lain dan suasananya banyak memberikan tekanan psikologis. Tanpa menyadarinya, aku pastilah menderita secara psikis, aku mendapat banyak stress. Aku terkejut ketika mendapati setengah rambutku beruban saat aku memotong rambutku yang diwarnai pirang. Dibandingkan saat itu, aku kini merasa lebih nyaman. Sekarang aku akan berlari dengan gembira sebagai  WINNER.

style_569cd24401436-923x1200

P: Bagaimana kau menghabiskan waktu selama 1 tahun 5 bulan yang lalu?

Aku menghabiskan waktu itu mempersiapkan (comeback) dengan sangat keras. Aku sama sekali tidak dapat tidur sekejappun sebelum lagu baru dirilis karena aku gugup. Aku berdebar dan badanku gemetar.

P:  Tidakkah kau ingin mencoba proyek solo di luar grupmu?

Seperti halnya kau harus mengasah pisau dengan baik sebelum menggunakannya, aku menunggu saat yang tepat, walaupun aku memiliki ambisi untuk menunjukkan kepada tiap orang tentang siapa diriku. Aku ingin merilis album soloku ketika WINNER telah mendapat kepercayaan publik bahwa “Mereka dapat membuat musik yang terpercaya”. Jadi dengan demikian, akan semakin banyak orang yang mau mendengarkan musikku.

P: WINNER adalah tim dimana setiap member memiliki kepribadian yang unik. Aku penasaran bagaimana kalian dapat bekerjasama sambil tetap meyuarakan pendapat masing-masing.

Hal ini semakin mudah ketika kalian menerima satu sama lain. Seharusnya tidak ada masalah jika kami mengakui perbedaan diantara kami dan mengumpulkan apa yang masing-masing orang dapat lakukan dengan baik. Bukan gaya kami untuk menyeragamkan semuanya menjadi 1 hal, aku juga tidak merasa hal itu dapat berjalan dengan baik.

P: Jika kau akan membuat subunit di dalam tim seperti GD & TOP di BIGBANG, dengan siapa dan warna/konsep seperti apa yang kau inginkan?

Aku berpikir aku dapat melakukannya dengan tiap semua memberku. Gaya ini dengan teman yang ini, gaya itu dengan hyung yang itu. Aku dapat menggambarkan semuanya. Aku memiliki banyak ambisi.

style_569cd2297857b-1200x851

P: Bagaimana kau menghabiskan waktumu sepanjang tahun lalu?

Selama hiatus panjang, aku belajar untuk meningkatkan bagian-bagian yang dulu aku sesali. Aku menghabiskan banyak waktu belajar bermain gitar dan mendengarkan lagu-lagu yang lebih baik. Itu adalah waktu berlatih untuk membuat diriku menjadi lebih baik.

P: Menarik ketika aku mendengar dirimu merujuk kepada Blues ketika tren musik saat ini adalah Hip-hop.

Karena akar dari Hip-hop mengandung musik dari budaya Afrika-Amerika seperti Blues dan Jazz. Perusahaan kami banyak melakukan Hip-hop dan ada banyak orang yang melakukannya dengan baik. Jadi dalam rangka membuat diriku berbeda, aku harus membuat sesuatu yang baru dibandingkan meloncat ke Hip-hop (tertawa).

P: Kau mengambil bagian dalam drama Midnight Diner dan memulai program variety baru Actor School untuk belajar akting dari Park Shin Yang. Jika kau menilai kemampuan aktingmu dalam skala 1 sampai 10, berapakah nilainya?

Tentu saja sekarang masih bernilai 1. Tetapi seperti halnya musik, sepertinya hal yang penting adalah apa yang dapat aku pelajari. Akting terlihat sebagai sesuatu hanya dapat dilakukan di depan kamera jika kau mempercayai situasi yang diset dihadapanmu. Lebih dari itu, akting menyingkirkan rasa takut yang biasanya kurasakan saat mencoba hal baru.

style_569cd23889726-1200x851

P: Aku tahu bahwa kau berpikir untuk menjadi koreografer sebelum berencana untuk debut

Tidak cocok jika aku mengatakan bahwa aku memiliki ketertarikan dalam menari atau koreografi atau bahwa aku pandai dalam hal tersebut. Hanya saja, itu merupakan satu-satunya bidang yang kulakukan sejak masih kecil. Kau dapat mengatakan bahwa sekarang aku memiliki wawasan yang sedikit lebih luas. Aku ingin memproduksi konten secara terus menerus, apapun itu. Koreografi juga tentang menciptakan sesuatu dari ketiadaan. Bisa saja berupa baju, karakter atau cerita, aku menyukai proses menggambarkan sesuatu dalam pikiranku dan kemudian menciptakannya.

P: Di panggung kau terlihat enerjik, ceria dan fleksibel, tetapi kepribadianmu yang sebenarnya terlihat berbeda.

Itu adalah topeng yang aku pakai di panggung (tertawa). Dalam cara tertentu, aku pikir aku kurang percaya diri. Aku cenderung tidak melakukan monitoring dan merasa malu melihat diriku.

P: Aku dengar kau banyak memiliki ketertarikan dalam fashion.

Mungkin karena aku tidak tampan (tertawa)? Diantara orang-orang yang pandai berbicara dan berbakat di bidang fashion, tampaknya ada banyak orang yang sepertiku. Sejak aku muda, saat aku tidak menari, aku suka memodifikasi baju, mencari  merek yang tidak terlalu terkenal di komunitas online atau menyimpan uangku untuk membeli baju antik. Sekarang aku cenderung kurang tertarik pada fashion karena aku terbiasa memakai pakaian yang dipilihkan stylist untukku. Khususnya karena konsep WINNER cukup berbeda dengan gaya yang biasanya suka aku pakai dan aku juga sudah terbiasa dipilihkan pakaian oleh orang lain.

P: Apa yang ingin kau dapatkan tahun ini?

Sebelum aku tidur, aku selalu memikirkan banyak hal. Aku harap aku menjadi bahagia.

style_569cd23e5fe23-923x1200

P: Bagaimana kalian membagi bagian vokal dalam album?

Karena kami berlima telah bersama dalam waktu yang lama, kami tahu bagian dimana masing-masing member dapat melakukannya dengan baik. Setiap member yang menciptakan lagu, Seungyoon, Taehyun, Minho, membuat lagu, mereka berpikir tentang hal tersebut dan membagi sendiri untuk mendistribusikan bagian yang akan paling sesuai untuk masing-masing member.

P: Kau menghabiskan waktu yang paling lama sebagai trainee. Energi macam apa yang membantumu bertahan saat itu?

Aku pastilah memiliki keputusasaan bahwa ini merupakan satu-satunya jalan untukku ketika aku semakin tua. Diatas tebing curam dimana aku berdiri, waktu berlalu tetapi aku tidak dapat melihat apa-apa. Terkadang aku merasa terintimidasi karena trainee datang silih berganti. Lalu, suatu waktu aku dan Taehyun mendapat kesempatan untuk tampil sebagai back-up dancer dalam YG Family Concert. Kami menari di belakang senior 2NE1, Jinusean dan BIGBANG dan aku merasa teiakan para fans “membangunkanku”. Aku berpikir betapa luar biasa gembira untuk melihat orang-orang yang fokus kepadaku ketika aku menyanyi dan menari, karena hal itu terasa sangat menyenangkan bahkan ketika kau di belakang. Itu adalah pengalaman pertamaku merasakan bagaimana menjadi seorang penyanyi dan aku merasa merinding. Aku pikir pengalaman itu membantuku bertahan dalam saat-saat sulit itu.

P: Dengan demikian, kau pasti telah mencapai mimpimu.

Iya. Tetapi aku pikir setiap saat ada yang meningkat. Jika ukuran awal tujuanku adalah 1~2, sekarang aku merasa itu telah berkembang menjadi 3~4. Aku ingin tampil di depan banyak orang dan aku ingin meningkatkan diriku sehingga aku dapat bernyanyi sendiri.

P: Kau adalah kakak tertua di dalam grup, tetapi tidak terasa demikian

Aku tidak masalah jika tidak merasa seperti kakak tertua atau tidak diperlakukan sebagai kaka tertua. Aku kadang-kadang berbicara kepada para member jika mereka melakukan kesalah besar, tetapi tidak ada kejadian aku sampai memukul atau hal lain (tertawa).

Sumber: Website W Korea. Terjemahan ke dalam Bahasa Inggris oleh YG WINNER. Terjemahan ke Bahasa Indonesia oleh @Incle_Babies.

Iklan

One Reply to “[Wawancara] 160120 WINNER Mengungkapkan Perjuangan Mereka Selama Hiatus di Majalah W Korea”

Apa yang komentar kalian tentang hal ini?

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s