Terjemahan

Cerita Tersembunyi Dibalik Identitas WINNER

Seperti halnya WINNER yang terbentuk setelah melalui program survival yang kejam, bahkan logo mereka yang sekarangpun mesti melewati survival yang ketat sebelum didaulat untuk menjadi identitas WINNER. Berikut cerita perjalanan panjang LIMA GARIS yang merepresentasikan WINNER, sebagaimana diterjemahkan dari Album 2014 S/S:

Pasar musik domestik dibanjiri oleh artis dengan konsep yang sangat mirip. Ada kehausan terhadap sesuatu yang baru dan segar. Sesuatu yang berkelas tetapi berbeda. Dan inilah bagaimana proses pencitraan WINNER dimulai. Seorang fotografer baru dan penata gaya diundang, berdasarkan data yang tak terhitung banyaknya baik lokal maupun global. Setelah 3 tes pemotretan, proses untuk mencari identitas WINNER dimulai. Melalui gambar-gambar tes tersebut, identitas dari grup maupun tiap-tiap member mulai terbentuk dan pesona tersembunyi mereka mulai muncul ke permukaan.

winner-logo
Logo WINNER

Penelitian tentang citra dan ideasi menjadi lebih solid karena brand mewah yang menyediakan tren baru dalam peragaan busana di setiap musim. Inilah bagaimana WINNER mendapatkan nama “2014 S/S” untuk albumnya. Pemotretan dilakukan di New York, kota yang semakin memancarkan identitas mereka. Apa yang dibutuhkan WINNER adalah logo istimewa yang berkelas tapi modern untuk menyesuaikan dengan tampilan dan musik mereka. Misalnya, Gucci memiliki logo “GG” sementara Louis Vuitton “LV” dan Yves Saint Laurent “YSL”. Seperti halnya mereka, WINNER membutuhkan sesuatu yang sederhana, seperti “W”. 

Setelah ronde pertama dari desain logo, huruf “W” menjadi cukup menarik untuk mendapatkan berbagai interpretasi. Konsep desain yang dibuat oleh sejumlah desainer berjumlah 53 variasi. Tim Perencanaan Brand, A&R, Desainer Grafis dan Desain Grafis Bergerak semuanya duduk bersama untuk mempersempit pilihan dan produser eksekutif Yang Hyun Suk membuat pilihan terakhir (pada saat itu, logonya berbeda dengan sekarang. Lebih terstruktur dan mewah). Sejak itu, logo tersebut telah dicetak pada beberapa barang dan desain. Tetapi karena dianggap tidak sesuai dengan citra WINNER, 22 desain yang telah disederhanakan ditunjukkan kembali. Pilihannya dipersempit menjadi hanya 2 desain dengan bantuan dari Direktur Strategi dan Direktur Seni, dan Yang Hyun Suk memilih logo finalnya, logo yang sekarang digunakan.

Kelima garis menyimbolkan 5 member WINNER, dan kelima garis tersebut bersilangan dengan satu sama lain membentuk huruf “W”. Setelah memadu madankan huruf serif dan san-serif pada berbagai rapat, Bodoni dipilih menjadi huruf final dari logo ini. Huruf ini merupakan pilihan yang sering digunakan pada majalah fashion dan brand, yang benar-benar sesuai sempurna dengan konsep WINNER.

Iklan

Apa yang komentar kalian tentang hal ini?

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s